Senin, 29 November 2010

Masalah Pada Folder Customizer Portable

Beberapa waktu lalu saya mendapat pertanyaan dari seorang sobat tentang masalah Folder Customizer. Setelah dicoba ternyata ada sedikit masalah yang bukan disebabkan oleh software yang bermasalah, tapi karena hal yang lain. Pada saat melakukan kostumasi untuk memproteksi folder, ternyata pada saat dibuka proteksinya ada masalah yang muncul, sehingga folder tersebut tidak dapat dibuka dan mungkin beberapa file penting terdapat didalamnya. Lalu apakah ada solusi untuk masalah tersebut? Tentu saja ada.

1. UNProtect Folder
Untuk cara yang pertama silahkan anda jalankan kembali aplikasi Folder Customizer. Pada jendela yang muncul anda pilih folder yang akan anda UNProtect dengan cara klik tombol Browse di sebelah kanan. Setelah itu klik tombol Protect Folder dan kemudian akan muncul notifikasi "Folder Already Protected! Unprotect the folder?", disana anda klik YES. Setelah itu anda masukkan password yang anda gunakan pada saat memproteksi folder tersebut, lalu tekan Enter. Maka, folder tersebut seharusnya sudah dapat dibuka seperti biasanya.
Lalu, bagaimana jika kita lupa dengan password tersebut? Gunakan cara yang selanjutnya.

2. Cara Manual
Cara yang satu ini biasa digunakan oleh orang-orang yang mengerti dengan sistem pada Windows. Langkahnya cukup mudah, tetapi kekurangannya adalah terkadang berhasil, tetapi terkadang juga gagal. Anda hanya perlu masuk keFolder Options, lalu hilangkan tanda checklist pada pilihan "Hide Extensions For Known File Types". Setelah itu cari dimana anda meletakkan folder yang terkunci tersebut. Jika nasib anda beruntung maka anda akan melihat ada tambahan pada nama folder anda. Misalnya folder anda pada awalnya bernamaFolderKu, maka setelah melakukan langkah tersebut nama folder anda akan menjadi FolderKu.{2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}. Untuk dapat mengakses folder tersebut, silahkan anda HAPUS ekstensi tersebut (dari tanda titik sampai yang terakhir) sehingga nama folder anda menjadi FolderKu.
Tetapi, jika nasib anda kurang beruntung, eksetensi folder tersebut tidak akan terlihat. Untuk itu mari kita coba cara yang lebih manual lagi, yaitu melalui DOS (Command Prompt). Agar anda lebih mudah untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah berikut ini :
  1. Letakkan folder tersebut pada alamat yang mudah diingat, misalnya anda letakkan folder tersebut pada drive D: dan tidak berada didalam folder[langsung pada drive D: ]. 
  2. Kalau misalnya namanya sedikit aneh, silahkan anda ganti dengan nama yang standar dan mudah diingat, misalnya dengan nama FolderKu. 
  3. Jalankan Command Prompt dengan cara klik RUN pada Start Menu, lalu ketikkan CMD.
  4. Pada jendela yang muncul ketikkan D : lalu tekan Enter.
  5. Setelah itu ketikkan REN FOLDER lalu tekan TAB keyboard agar anda tidak perlu mengetikkan nama folder yang disertai dengan ekstensi yang tidak enak dilihat tersebut. (JANGAN MENEKAN ENTER DULU !!!) 
  6. Setelah keluar nama nama folder yang lengkap (diapit oleh tanda kutip), lalu anda ketikkan nama baru untuk folder tersebut, misalnya saja dengan nama RAT, kemudian anda tekan Enter.
  7. Selesai. Anda dapat menutup Command Prompt lalu silahkan periksa folder anda dan buka. Jika prosedur yang anda lakukan sudah benar, seharusnya folder tersebut sudah dapat dibuka. Untuk lebih jelasanya silahkan lihat gambar dibawah ini :



Apakah anda berhasil dengan langkah tersebut? Saya harap anda berhasil dan dapat mengakses kembali folder anda tersebut dan data-data anda selamat. Jika ada permasalahan yang lain silahkan anda sampaikan dengan cara komentar pada blog ini dan dengan senang hati saya akan membantu anda agar kita bisa sama-sama belajar. Seperti biasa didalam blog yang saya namakan Read and Try ini, diakhir kata saya selalu mengucapkan :
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: