Selasa, 11 Mei 2010

MACAM-MACAM RANGKAIAN ELEKTRONIKA

Rangkaian elektronika adalah merupakan susunan kombinasi dari beberapa komponen elektronika dan mempunyai fungsi kelistrikan tertentu. Banyak sekali rangkaian elektronika yang bisa dibuat atau dirancang untuk memenuhi suatu tuntutan tegnologi atau kebutuhan manusia. Menurut saya perkembangan teknologi yang pesat akhir-akhir ini dikarenakan pengembangan ilmu elektronika yang semakin komplek seperti pemanfaatan teknologi wireless dan pemanfaatan bahan semikonduktor yang bisa mewakili jutaan koneksi rangkaian hanya dalam satu buah lempeng chip yang sangat kecil sekali. Seperti contoh pada sistem komputer masa kini yang mempunyai kecepatan proses data yang sangat tinggi sampai pada kecepatan jutaan data perdetik (GHz) dan juga mempunyai penampilan yang lebih kecil dan portable. Kesemuanya itu adalah karena adanya kemajuan ilmu elektronika digital yang berbasis komputasi.

Contoh rangkaian elektronika yang lain yang sekarang bisa kita rasakan kontribusinya adalah rangkaian elektronika wireless. Dimana semua keperluan atau informasi bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa perantara kabel. Itulah mengapa sekarang ini banyak orang berkata adalah zaman yang sudah canggih, kejadian yang ada pada belahan bumi yang lain bisa diketahui hanya dalam hitungan detik. Serta juga bisa menyaksikan secara live (langsung) kejadian-kejadian yang penting di semua belahan dunia. Ditambah lagi sekarang kita kenal ada yang namanya GPS, dimana alat tersebut bisa mendeteksi posisi kita dimanapun dibumi ini. GPS tersebut memanfaatkan fungsi wireless atau gelombang radio dalam melaksanakan lalu lintas data antara pengguna GPS dengan satelite GPS.

Selain elektronika digital dan wireless masih ada juga bidang elektronika yang turut serta menyumbang pada kemajuan teknologi, yakni bidang elektronika sensor. Dimana dengan rangkaian sensor semua fungsi yang menyerupai fungsi indra manusia bisa ditiru, bahkan apa-apa saja yang tidak bisa dirasakan oleh alat indra manusia bisa dirasakan oleh rangkaian sensor. Makanya tidak bisa dipungkiri akhir-akhir ini sering kita lihat atau dengar melalui media informasi bahwa sudah ada robot-robot yang mempunyai sensor visual layaknya mata seorang manusia dan bisa menganalisa pemilik suara dari setiap suara manusia yang direkamnya. Ada juga rangkaian sensor yang bisa mendeteksi berat, suhu, api, air, jumlah putaran, jarak, suara dan banyak lagi jenis sensor yang lain yang sangat membantu keperluan manusia sehari-hari.


Diblog ini anda bisa menemukan beberapa contoh dari rangkaian elektronika dan mudah-mudahan penjelasan yang ada pada setiap postingan merupakan penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Tidak ada komentar: