MEMAHAMI RANGKAIAN RADIO | PRINSIP DASAR RANGKAIAN PEMANCAR PENERIMA RADIO

prinsip dasar radio












Jujur saja bahwa untuk memahami prinsip dasar dari rangkaian radio merupakan suatu hal yang sangat sulit bagi saya. Semenjak saya masih duduk dibangku kuliah hingga awal tahun 2010 kemarin kurang lebih 7 tahun lamanya, saya menyimpan sebuah pertanyaan yang akhirnya bisa saya pecahkan. Sebenarnya jika ingin membuat suatu rangkaian baik itu rangkaian sensor, rangkaian amplifier atau rangkaian digital bisa saya rancang dengan kreasi dan modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi untuk membuat suatu rangkaian yang menggunakan gelombang radio sebagai media penghantar saya benar-benar tidak bisa membuatnya walaupun dalam bentuk sederhana sekalipun. Sebagai contoh saya diminta untuk membuat suatu rangkaian bell rumah pada frekuensi 15 Mhz dengan jarak jangkau kurang lebih 100 meter atau suatu rangkaian control jarak jauh dengan menggunakan gelombang radio atau suatu rangkaian yang bisa mengirimkan data dengan menggunakan gelombang radio, kesemuanya tidak akan bisa saya buat. Sudah tidak terhitung lagi berapa kali saya membaca teori dasar mengenai radio dari buku ataupun internet untuk bisa memahami prinsip dasar dari radio supaya saya bisa membuat rangkaian radio tersebut dengan kreasi sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Akhirnya saya bertemu dengan seorang yang hobby dan telah bergelut lama dengan rangkaian radio. Walaupun dia tidak bisa menjawab pertanyaan saya 100 %, tapi dia cukup memberikan saya pencerahan. Salah satu pertanyaan saya kepadanya yaitu mengapa setiap rangkaian radio itu harus menggunakan lilitan, bukankah untuk mendapatkan sinyal dengan frekuensi tinggi saya bisa menggunakan rangkaian lainnya seperti kombinasi gerbang dan bisa saya pastikan nilainya sesuai dengan kebutuhan tanpa harus melakukan perkiraan nilai induktansi dari suatu lilitan. Pertanyaan yang lain adalah apakah saya bisa langsung mnghubungkan ke antenna suatu terminal output dari rangkaian yang sudah saya buat dengan rancangan sendiri dimana terminal output tersebut sudah menghasilkan sinyal yang termodulasi. Menurutnya sebenarnya secara logika hal tersebut bisa saja terjadi, tapi dia sendiri belum pernah mencobanya.

Sebenarnya semuanya tidak serumit yang saya pikirkan, kesalahan saya dari dulu adalah tidak ingin mencoba langsung apa yang ada dalam pikiran. Setelah saya mencoba beberapa kali percobaan akhirnya saya menyimpulkan bahwa suatu sinyal yang mempunyai frekuensi yang sangat tinggi akan menghantar jika dihubungkan dengan suatu logam, hanya saja untuk menhasilkan daya hantar yang maksimum harus menggunakan rumus antenna yang telah ditentukan sebelumnya oleh para pakar elektronika. Tidak penting darimana mendapatkan sinyal berfrekuensi tinggi tersebut, apakah dari rangkaian yang menggunakan lilitan atau tidak. Kemudian saya menyimpulkan bahwa suatu logam yang terkena hantaran dari sinyal radio bisa kita gunakan sebagai jalan masuk suatu sinyal yang dipancarkan oleh rangkaian pemancar radio. Atau dengan kata lain sebenarnya logam yang terkena gelombang radio tersebut adalah terminal yang mengalir sinyal listrik dimana sinyal listrik tersebut sangat kecil sekali dan berbentuk seperti gelombang radio yang mengenainya. Jadi tinggal bagaimana cara anda menjadikan sinyal yang sangat kecil sekali tadi dan dengan berbagai frekuensi dari banyak gelombang yang mengenai logam tersebut bisa anda ambil dan perkuat sinyal informasi yang dibawanya. Anda jangan terkecoh dengan adanya variasi beberapa kapasitor atau inductor pada bagian penala suatu rangkaian penerima radio, sehingga membuat anda bingung. Bagian ini dirancang untuk bagaimana supaya bisa meloloskan sinyal yang berfrekuensi seperti yang diharapkan. Bahkan anda juga bisa hanya dengan menggunakan satu kapasitor dan satu dioda sebagai penerima radio. Dioda digunakan untuk detector atau pelolos sinyal pada siklus positif. Kemudian kapasitor dipasang parallel dengan maksud bisa menghilangkan sinyal pembawa dengan prinsip pengisian dan pelepasan kapasitor. Memang nilai kapasitor menjadi penentu sinyal yang dihasilkan, jika anda menggunakan nilai kapasitor yang terlalu kecil maka bisa dipastikan sinyal informasi dan sinyal pembawa tidak akan terpisah. Tapi jika anda menggunakan nilai yang terlalu besar maka akan mengubah sinyal informasi berbentuk seperti garis lurus akibat pelepasan muatan yang terlalu lama, seperti prinsip dasar rangkaian penyearah.

Tahukah anda sekarang saya mulai menyadari mengapa kebanyakan orang merancang rangkaian radio menggunakan beberapa kombinasi lilitan dan kapasitor serta transistor. Ternyata komponen gerbang atau IC digital kebanyakan tidak mendukung pada frekuensi kerja yang sangat tinggi. Kemudian untuk membuat bagian pembangkit frekuensi tinggi dan bagian modulasi diperlukan cukup banyak komponen IC. Tetapi jika anda menggunakan prinsip resonansi osilator dengan variasi lilitan dan kapasitor anda bisa hanya dengan menggunakan satu transistor sebagai pembangkit sinyal frekuensi tinggi dan sekaligus sebagai pencampur, dan lagi transistor frekuensi tinggi mudah anda dapatkan di pasaran, salah satu contoh adalah transistor 2N2222.

Lihat juga rangkaian wireless microfon dan penerima radio sederhana.

http://electronicandlife.blogspot.com


2 komentar untuk "MEMAHAMI RANGKAIAN RADIO | PRINSIP DASAR RANGKAIAN PEMANCAR PENERIMA RADIO"

Unknown 1 November 2016 pukul 21.57 Hapus Komentar
Sangat bermanfaat, apalagi kalo dengan gambar rangkaiannya beserta cara kerjanya.. Sya masih bingung dengan cara memisahkan antara sinyal pembawa dengan data yg dikirim...mohon pencerahannya
marommuhammad 3 November 2016 pukul 15.42 Hapus Komentar
menggunakan sistem modulasi... sedangkan pengertian dari Modulasi adalah teknik-teknik yang dipakai untuk memasukkan informasi dalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus.Alat yg digunakan untuk modulasi disebut Modulator, alat yg melakukan demodulasi disebut Demodulator, sedangkan alat yang bisa melakukan keduanya adalah Modem. Bisa dilakukan secara digital maupun analog, bahkan bisa dengan penggabungan keduanya.

trims,