Merekam audio analog pada PC menggunakan Jet Audio Player

Untuk merekam sinyal audio analog menggunakan PC banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Tetapi kali ini saya ingin menawarkan trik sederhana menggunakan aplikasi yang sederhana pula. Saya yakin di antara pembaca pernah mencoba merekam sinyal audio dari cassette recorder ataupun sumber audio yang lain menggunakan aplikasi Jet Audio Player atau aplikasi lainnya. Dengan cara ini PC dengan spesifikasi rendahpun masih dapat digunakan.
Sebenarnya ini berawal dari keterbatasan media atau alat mengajar pada kompetensi Mengkonversi Sinyal Audio Analog menjadi Digital pada program keahlian Audio Video, sehingga muncul gagasan memanfaatkan cara ini.
Yang dibutuhkan adalah audio player, PC, aplikasi Jet Audio Player, jack stereo sebagai penghubung antara line out source audio analog ke panel belakang PC tepatnya line in sound card.
Cara mengoperasikan:
  • Jalankan aplikasi jet audio
  • Kemudian klik menu bar recording sehingga muncul menu perekaman atau recording seperti di bawah ini.
  • Pada menu source recording pilih line in bila kita memberikan masukan audio pada sound card line in pada PC.
  • Untuk penyimpanan data hasil rekaman bisa di atur pada menu target. Kita bisa memilih format audio, dan menempatkan file di drive atau folder mana akan disimpan.
Klik tombol start, pada saat itu juga mainkan sumber audio yang ingin kita rekam. Sumber audio bisa dari mixer, line out audio player, key board (alat musik) atau pre amp mic.
Untuk hasilnya lumayan lah… Tidak terlalu jelek…

Posting Komentar untuk "Merekam audio analog pada PC menggunakan Jet Audio Player"