Rabu, 19 Agustus 2015

memperbaiki vbelt mesin cuci sanyo dua tabung

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci dua tabung adalah tidak berputarnya Pulsator (tabung kucek) pada tabung pencuci meskipun motor pencuci berputar dengan normal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci ke gearbox longgar.
  • Gigi pada bagian dalam gearbox atau as pulsator sudah aus atau rontok.
Adapun cara memperbaiki tali karet/Vbelt yang kendor:
  1. Bawalah mesin cuci ke tempat yang agak luas dan cukup terang pencahayaannya agar mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. Letakkanlah mesin cuci di lantai dengan posisi bagian depan mesin cuci berada di lantai sedangkan sisi bagian belakang berada di atas atau di miringkan membentuk sudut 45 derajat.
  3. Bukalah penutup  yang berada di belakang badan mesin cuci kemudian cek tali karet/Vbelt apakah kencang atau kendor, untuk memastikannya cobalah nyalakan mesin cuci beberapa saat, bila putaran motor normal tetapi putaran gearbox tidak stabil atau bahkan tidak berputar sama sekali ini menandakan kalau tali karet/Vbelt dalam keadaan longgar.
  4. Longgarkan ketiga baud(umumnya berukuran 10/12) yang berfungsi menempelkan motor pencuci ke badan mesin cuci kemudian tarik dan tahan badan motor agar menjauh dari letak gearbox(bisa dilihat dengan berubahnya letak baud) sehingga vbelt agak kencang lalu kencangkan ketiga baud tadi agar posisi motor tidak tertarik lagi ke posisi semula.
  5. Untuk menguji kekencangan tali karet/Vbelt nyalakan mesin beberapa saat, bila putaran gearbox dan pulsator sudah normal maka tali karet/Vbelt sudah tidak kendor lagi.
  6. Bila posisi motor sudah dirubah tetapi karet/Vbelt masih longgar maka tali/Vbelt tersebut harus diganti baru, gantilah tali karet/Vbelt tersebut sesuai dengan ukurannya, bawalah tali karet/Vbelt saat anda akan membeli yang baru karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kadang-kadang ukuran yang tertulis pada pinggiran tali karet/Vbelt berbeda atau sulit didapat dengan ukuran aslinya. sebagai contoh saya kemarin membeli dengan dengan seri JIHUA V-BELT A-820 E ternyata di toko - toko sulit didapat sehingga saya harus membeli persamaannya yaitu BANDO V BELT A-33.
  7. Bila tali karet/Vbelt pengganti sudah didapatkan pasanglah seperti posisi sebelumnya, untuk menyetelnya lakukan perubahan posisi motor pencuci dengan merubah letak ketiga baudnya.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap om infonya... makasih..

marommuhammad mengatakan...

terima kasih kang... tu pengalaman pribadi...

Unknown mengatakan...

Mantap infonya om..sngt membantu

Ferry Tan mengatakan...

Good...

marommuhammad mengatakan...

indahnya berbagi om...

Anonim mengatakan...

Bantalan karet motor mesin cuci pengaruh tidak om sama kinerjanya, soalnya udah ganti vvlbelt msh gak mau muter. Belum ketemu v belt a-33, sementara pake mm-34 kadang sering macet.trm kasih

marommuhammad mengatakan...

sangat berpengaruh om...

Heri suprianto mengatakan...

Pengganti a820 Aq pake vbelt a33.5 beli online. Tinggal pasang tanpa merubah posisi motor. Pernah aq pasang a33. Motor gak mau muter gara2 kurang kendor.

Naysira mengatakan...

cara memperbaiki lampu led