Senin, 28 Juni 2010

Driver Motor Stepper | Rangkaian Driver Motor Stepper

driver motor stepper

Rangkaian driver motor stepper diatas adalah merupakan rangkaian driver yang sangat sederhana dan mudah dibuat hanya dengan beberapa komponen. Rangkaian driver ini menggunakan satu buah transistor pada setiap input cacahan motor stepper sebagai driver. Transistor juga berfungsi sebagai pelewat arus kumparan motor, sehingga pada terminal output gerbang tidak akan terbebani. Pada kolektor masing-masing transistor dipasang dioda dengan reverse bias atau bias mundur, posisi masing-masing dioda ini adalah parallel dengan kumparan motor, hal ini dimaksudkan supaya dioda dapat meredam arus balik yang dibangkitkan oleh masing-masing kumparan motor tersebut. Peredaman berlangsung pada saat dioda bias maju, yakni dimana rangkaian yang parallel dengan dioda bias maju otomatis akan memperoleh tegangan sebesar 0,7 volt (silicon), 0,3 volt (germanium), atau bahkan 0 volt untuk dioda ideal. Kemudian sebagai pengatur kondisi logika rangkaian digunakan tiga buah gerbang logika, yaitu dua buah gerbang NOT dan satu buah gerbang XOR. Gerbang NOT berguna untuk membalik logika yang menuju basis Q1 dan Q2.



Berikut Tabel Kebenaran dari rangkaian motor stepper diatas :



INPUT

KUMPARAN MOTOR YANG AKTIF

D0

D1

0

0

KUMPARAN A, KUMPARAN B

0

1

KUMPARAN B, KUMPARAN C

1

0

KUMPARAN C, KUMPARAN D

1

1

KUMPARAN D, KUMPARAN A



Dari tabel kebenaran diatas dapat kita peroleh Analisa dan Prinsip Kerja dari Rangkaian Driver Motor Stepper adalah sbb :



  1. Putaran 360 derajat (satu kali putaran penuh) diperoleh dengan empat kali cacahan yakni 0 sd 3.
  2. Setiap satu kali cacahan motor akan berputar sebanyak 90 derajat atau dengan kata lain 360 derajat dibagi dengan jumlah cacahan.
  3. Dengan cacahan maju (counter up) kumparan yang akan aktif adalah teratur membentuk putaran, sedangkan jika cacahan tidak teratur maka putaran motor juga tidak akan teratur sesuai dengan kondisi logika inputnya.
  4. Dengan motor stepper ini anda bisa menentukan jangkah putaran juga arah putaran secara bebas, lain halnya dengan motor dc biasa yang jangkah putarannya tidak bisa kita tentukan.
  5. Driver motor stepper ini sebenarnya hampir sama dengan driver motor dc biasa, hanya saja pada motor dc, transistor digunakan sebagai driver satu kumparan saja, sedangkan pada motor stepper digunakan transistor lebih banyak sesuai dengan jumlah kumparan motor yang ada.
  6. Intinya digunakan driver motor adalah supaya rangkaian tidak akan terbebani oleh besarnya arus yang akan melewati kumparan, oleh karena itu dimanfaatkan transistor.
  7. Rangkaian driver motor stepper ini biasanya dimanfaatkan pada rangkaian elektronika berbasis robot atau programmable control.
Sebenarnya jika anda sudah menggunakan mikrokontroller atau kontrol berbasis pemrograman maka, rangkaian gerbang logika diatas tidak dibutuhkan lagi. Karena anda bisa dengan mudah mengatur ke-empat logika kumparan dengan perintah pemrograman. Bahkan dengan pemograman anda bisa mencapai variasi logika yang tidak terbatas. Dan juga anda sangat mudah untuk melakukan simulasi dan perubahan kapanpun anda mau hanya dengan mengubah syntax programnya. lihat juga rangkaian pengatur kecepatan motor dc.

Tidak ada komentar: