Rabu, 07 April 2010

RANGKAIAN ELEKTRONIKA | SKEMA RANGKAIAN ELEKTRONIKA

Bicara tentang elektronika menurut saya tidak terpisahkan dengan yang namanya rangkaian atau skema. Bagi anda seorang yang hoby atau tertarik dengan ilmu elektronika tentunya sudah tak terhitung lagi anda bereksperimen dengan rangkaian rangkaian elektronika. Kebanyakan orang yang merancang sendiri jenis suatu rangkaian untuk pertama kalinya mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Itu wajar saja karena apa-apa saja yang ada dalam perhitungan dan teori terkadang tidak selengkap dengan apa yang ada didalam kenyataan. Banyak sekali hal hal yang bisa mempengaruhi kinerja suatu rangkaian elektronika, hampir semua jenis dari rangkaian elektronika mempunyai factor-faktor yang bisa mempengaruhi. Tapi dengan melakukan ekperimen langsung anda biasanya akan terbantu oleh imajinasi gabungan semua informasi yang ada di otak anda untuk menjawab hal hal tersebut.. Anda yang berangkat dari pertanyaan mengapa seperti ini, kok bisa begini, bagaimana ya jalan keluarnya dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang tercipta selama anda melakukan eksperimen akan membawa anda pada tahap menarik kesimpulan dengan keyakinan yang kuat. Dan memang benar pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

Bila anda ingin mencari atau men-download jenis-jenis rangkaian elektronika, di blog ini dapat anda temukan beberapa contoh rangkaian. Untuk sementara rangkaian-rangkaian yang saya bisa buat adalah rangkaian-rangkaian yang sederhana dan mempunyai kemiripan. Walaupun begitu saya akan berusaha untuk menjadikan blog ini menjadi blog yang lengkap yang berisi tentang prinsip kerja atau contoh rangkaian elektronika. Sebenarnya saya ingin sekali menambah postingan saya mengenai jenis rangkaian-rangkaian yang lain dalam waktu dekat seperti tentang rangkaian elektronika dasar, elektronika sensor (sudah beberapa), elektronika digital : rangkaian counter, rangkaian gerbang logika, rangkaian multiplexer, demultiplexer, juga rangkaian amplifier, serta yang ingin sekali saya buat yaitu mengenai rangkaian pengiriman data dengan media frekuensi radio.

Anda bisa lihat contoh beberapa rangkaian dasar disini dan contoh kumpulan rangkaian elektronika atau rangkaian sensor. Anda bisa download dengan meng-copy aja langsung halaman blog ini …

Tidak ada komentar: